manfaat ciuman
Asmara Dan Rumah Tangga

Menang Banyak! 8 Manfaat Ciuman Bibir Untuk Kesehatan dan Kepuasan Batin

Ciuman ternyata tak hanya meningkatkan kemesraan, keintiman atau menjadi bumbu pemanas saat berhubungan intim.

Di balik itu, terdapat segudang manfaat ciuman untuk kesehatan fisik serta kepuasan batin kita. Kamu sudah menikah dan punya pasangan? Sekarang lah saatnya untuk menghujani pasangan Anda dengan banyak ciuman.

Karena manfaat ciuman yang akan kita bahas kali ini benar-benar akan membuatmu ketagihan untuk mencium pasangan.

Wah, ternyata selain menyenangkan aktivitas ciuman bisa memberikan dampak positif bagi kita ya? Okelah, tidak perlu lama lagi yuk langsung kita bahas di sini secara detil manfaat ciuman.

MEREDAKAN ALERGI

Ciuman mampu meredakan alergi pada hidung! Misalnya, kalau kita bersin lalu merasa kedinginan. Atau saat kita menghirup debu berlebihan.

Kalau mengalami kedua hal di atas, segera cari pasangan kamu untuk diajak berciuman. Karena ciuman bersama pasangan akan memberi kehangatan pada bagian saluran pernapasan.

Sebuah penelitian mengungkapkan kalau ciuman selama 30 menit mampu mengurangi histamine (bagian dari respon kekebalan tubuh kita dan dilepaskan selama reaksi alergi).

Inilah fakta bahwa ciuman mampu meredam gejala alergi seperti bersin-bersin serta mengurangi resiko demam akibat efek dari alergi.

MULUT LEBIH SEHAT

Tahukah kamu kalau asam dalam rongga mulut kita itu dapat menyebabkan masalah pada gigi? Nah, ketika kita berciuman dengan pasangan, produksi air liur bertambah sehingga dapat menetralkan asam dalam rongga mulut.

Bahkan saat jumlah air liur bertambah, hal ini juga membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal dalam mulut.

Disamping kelebihan itu, ada satu hal yang perlu kalian ingat! Supaya tidak saling menularkan bakteri penyebab penyakit, kamu dan pasangan harus selalu menjaga kebersihan rongga mulut.

MEMBAKAR KALORI

Sewaktu ciuman sepertinya tubuh kita tidak bergerak layaknya orang berolahraga. Tapi, kenapa ciuman bisa membakar kalori tubuh?

Ternyata kalori yang terbakar ini berasal dari otot wajah, bukan otot kaki atau perut!

Saat berciuman, nyatanya terdapat 30 otot pada wajah yang bekerja. Kamu dan pasangan akan membakar 6 kalori jika berciuman selama 1 menit.

Memang sih pengaruhnya tidak begitu signifikan hingga membuat berat badanmu turun atau badanmu jadi semakin proporsional. Tapi, setidaknya bisa membantu membakar kalori yang cukup banyak kalau kalian ciuman dalam waktu yang lama.

manfaat ciuman
manfaat ciuman

MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH

Aktivitas ciuman memberikan reaksi yang mirip seperti imunisasi. Yakni, bakteri dalam rongga mulut akan berpindah melalui air liur. Selanjutnya, tubuh akan langsung MEMPROSES DAN MENDIRIKAN semacam pertahanan sebagai antibodi.

Kamu mungkin berpikir, apakah air liur pasangan tidak mengandung bakteri? Jangan khawatir, bakteri yang terkandung dalam air liur setiap orang ini hampir serupa. Hanya 1 dari 7 orang yang memilki kandungan air liur tidak normal.

TERHINDAR DARI STRES

Tertekan dengan target yang ditetapkan atasan? Stres dengan deadline yang menumpuk? Sedih, galau dan khawatir dengan masalah yang sedang kamu alami karena tak kunjung dapat solusi?

Hmm tenang..

Kami tidak akan meminta sertifikat tanah atau BPKB mobil untuk kamu gadaikan. Kami ingin kamu segera cari pasangan dan ajak dia berciuman.

Karena saat berciuman, akan ada banyak hormon bahagia yang terlepas dari tubuh. Jadi, rasa tertekan itu akan tergantikan dengan perasaan tenang.

Tidak susah kan solusi bebas stres ini? Dekati pasangan, berikan ciuman lembut hingga agak dalam supaya lebih bergairah. Dan, rasakan kalau stres Anda hilang seketika.

MEMBUAT JANTUNG SEHAT

Berciuman membantu kalian menjaga keseimbangan kardiovaskular dan meningkatkan kinerja jantung. Tentu saja bukan sekedar ciuman, tapi ciuman yang penuh gairah dalam waktu yang cukup lama.

Penelitian mengungkapkan bahwa ciuman dengan 2 ciri tersebut akan meningkatkan detak jantung hingga 110/menit.

Jadi, selain bersepeda, ngegym atau berlari kamu bisa berciuman dengan pasangan untuk membuat jantungmu lebih sehat.

MENYEHATKAN GIGI

Di atas kami sudah menjelaskan kalau berciuman bisa meningkatkan produksi air liur. Dan, ini tak hanya berdampak pada kebersihan rongga mulut, tapi juga membantu mencegah pembentukan plak dan gigi berlubang.

Selain rajin pergi ke dokter tiap 6 bulan sekali untuk periksa gigi, kamu dan pasangan juga perlu untuk rajin berciuman agar gigi semakin sehat.

SEMAKIN BAHAGIA

Seperti yang sudah dijelaskan pula bahwa efek berciuman mampu mengeluarkan hormon dopamine yang menjadi sumber kebahagiaan kita.

Kalau kalian ingin bahagia dan selalu bahagia, maka ajaklah pasangan untuk rutin berciuman di pagi hari saat akan berangkat bekerja atau memulai aktivitas.

Selain bersemangat, kita pun bisa mengantongi kebahagiaan.